Tiga Rute Internasional Baru Garuda Indonesia

Standard
Tiga Rute Baru Garuda

Tiga Rute Baru Garuda

JAKARTA-PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk tahun ini akan membuka tiga rute Internasional baru, yakni Jakarta-London, Denpasar-Brisbane, dan Medan-Penang. Pembukaan rute ini dimaksudkan untuk memperluas pangsa pasar Garuda di luar negeri.

“Untuk rute Jakarta-London kita mulai terbang pada 1 November 2013, Denpasar-Brisbane mulai Agustus, dan Medan-Penang mulai Juni,” ucap Direktur Pemasaran dan Penjualan Garuda Indonesia, Elisa Lumbantoruan di Hotel Hyatt, Jakarta, (27/3).

Selain itu, kata Elisa, Garuda juga akan membuka rute domestik lainnya seperti Bandung–Denpasar, Denpasar–Balikpapan, Batam–Pekanbaru, Balikpapan –Banjarmasin, Balikpapan–Manado, Balikpapan–Berau, Jakarta–Bengkulu, Jakarta–Tanjung Pandan, dan Jakarta–Tanjung Pinang.

Sementara setelah membuka hub Makassar pada tahun 2011 lalu, Garuda Indonesia akan mengembangkan jaringan penerbangan dengan membuka hub di Medan pada pertengahan 2013 nanti. Hal itu dilakukan untuk melayani penerbangan di wilayah Barat Indonesia.

“Melalui hub Medan ini, nantinya Garuda akan melayani penerbangan langsung dari Medan menuju kota-kota di sekitarnya. Seperti Pekanbaru, Batam, Palembang, Padang, Aceh dan Penang,” jelasnya.

“Penerbangan dari hub Medan ini nantinya akan dilayani dengan pesawat CRJ1000 berkapasitas 96 kursi dengan konfigurasi 12 kursi di kelas eksekutif dan 84 kursi di kelas ekonomi,” imbuh Elisa.

Seperti diketahui, selama tahun 2012 Garuda Indonesia berhasil meningkatkan market share-nya di pasar internasional menjadi 24,1 persen dari tahun sebelumnya sebesar 23,5 persen.

Sementara market share penumpang domestik pada 2012 sebesar 28,2 persen atau sama dengan tahun lalu. Meningkatnya jumlah market share tersebut, membuat Garuda yakin untuk memperluas lagi bisnisnya hingga ke luar negeri.

Tingginya kebutuhan akan transportasi udara seiring aktivitas masyarakat yang terus meningkat memberikan peluang bagi perusahaan penerbangan milik BUMN, PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) untuk mengembangkan ekspansinya.

Sebagai kelanjutan dari program pengembangan armadanya, pada 2013 ini perseroan akan mendatangkan 24 armada baru yang terdiri dari empat Boeing 777-300 ER, tiga Airbus A330, 10 Boeing 737-800NG dan tujuh Bombardier CRJ1000 NextGen serta Citilink akan mendatangkan 16 armada baru yang terdiri dari 11 A320-200 dan 5 ATR-72, sehingga pada akhir 2013 perseroan dan anak usahanya tersebut akan mengoperasikan total 139 armada dengan rata-rata usia 4,2 tahun.

Melalui program Quantum Leap, Garuda akan mengoperasikan sebanyak 194 pesawat pada 2015.

sumber : investor.co.id

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s